. SATU Indonesia | Genderang Peduli Donor Darah 2012 Ditabuh
Saatnya membangun kembali semangat
kebangsaan dan persatuan kita demi
kemajuan Indonesia
Genderang Peduli Donor Darah 2012 Ditabuh

05
Mar
2012

 Bertempat di Menara FIF Lantai 3 Dinning Room, Senin 16 Januari 2012 FIF Head Office mengadakan kegiatan Donor Darah Rutin dan Seremonial peresmian mobil sosial OBI (Obor Berkat Indonesia) yang bertujuan sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat dalam membantu PMI (Palang Merah Indonesia) dalam memenuhi peningkatan stok darah yang ada di PMI. Kegiatan donor darah rutin ini menjadi tanda pembuka kepedulian donor darah FIF di tahun 2012. Sebagai informasi, rekor pelaksanaan tahun lalu adalah 5.080 pendonor darah dalam sehari (18 Mei) dengan total 90 cabang yang berpartisipasi dan secara total tercapai 5.297 pendonor berhasil di 2012.

Sasaran Donor Darah yang di adakan kali ini di tujukan untuk seluruh karyawan FIF yang ada di Head Office, Mitra kerja, dan Penghuni Menara FIF building yang beberapa hari sebelum di undang oleh Dept. Corp. ESR FIF untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan Donor Darah ini.

Tanpa di duga-duga dengan waktu sosialisi dan publikasi yang dirasa begitu sempit, ternyata antusias para calon pendonor cukup besar. Terbukti pada jam 08.00 pagi ketika pendaftaran calon pendonor dibuka, calon pendonor sudah banyak berdatangan untuk mendaftar baik dari karyawan FIF sendiri maupun para undangan khususnya dari AAB (Asuransi Astra Buana) dan para undangan lainnya seperti dari PT Total Oil.

Pada kegiatan ini diberikan souvenir menarik sebagai penyemangat untuk seluruh pendonor yang donor nya berhasil khusus nya bagi 5 pendonor darah pertama yang donor nya berhasil. Untuk 5 souvenir menarik pendonor pertama yang donor nya berhasil diberikan kepada rekan-rekan undangan dari AAB (Asuransi Astra Buana) karena mereka sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini dengan datang lebih awal sebagai pendaftar yang sudah hadir sejak jam 08:00 WIB dan menunggu hingga 09:30 WIB karena tim PMI yg terjebak macet di keramaian jalanan Jakarta.

 

Di tengah-tengah kegiatan Donor Darah kali ini Dept. Corp ESR FIF juga menyisipkan seremonial peresmian mobil sosial OBI (Obor Berkat Indonesia) yang diresmikan dan dihadiri oleh Presiden Direktur FIF Suhartono, Direktur Business Support & IT, Thaufik Noograha, serta Ketua OBI Non Rawung (Liem Sioe Goeat). Mobil Sosial OBI ini dipinjamkan oleh FIF khusus untuk membantu operasional kegiatan pelayanan kesehatan dari Obor Berkat Indonesia khususnya dalam kegiatan sosial yang berhubungan dengan kesehatan seperti, operasi gratis, pelayanan kesehatan gratis, membawa pasien dan tenaga ahli kesehatan, serta kegiatan sosial lainnya yang berhubungan dengan masyarakat kurang mampu

Seperti biasanya, Bapak Suhartono, yang juga selalu menjadi pendonor darah aktif di FIF, membuka acara donor darah ini. Beliau mengatakan bahwa kegiatan kepedulian seperti ini harus selalu kita jaga, karena setetes darah yang kita donorkan akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan. Begitu juga hal nya dengan bantuan mobil sosial yang berikan untuk OBI semoga bisa bermanfaat dan dimaksimalkan untuk membantu kegiatan operasional dalam pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Obor Berkat Indonesia. Beliau berkata,"FIF menjadi besar seperti sekarang ini dari berkat Tuhan. Sehingga atas dasar tersebut sebagai individu juga harus semakin peduli. Contoh aplikasi kepedulian juga bisa melalui sumbangan DZIKRI yang sudah bisa potong melalui slip gaji secara otomatis. Bila kita ingin diberkati Tuhan, harus memberi kepada sesama".

 

Pembukaan acara Donor Darah oleh Bapak Suhartono

Selanjutnya sambutan dari Ketua OBI Non Rawung (Liem Sioe Goeat) yang dalam sambutan nya sangat berterima kasih kepada PT. Federal International Finance (FIF) atas kerjasama yang sudah terjalin dengan baik selama ini antara OBI dengan FIF bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan serta sangat berartinya bantuan yang diberikan oleh FIF kepada OBI. Bantuan ini nantinya akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan operasional OBI dalam melayani masyarakat kurang mampu. Beliau juga mengingatkan kita,"Kita tidak pernah hargai setetes air/darah kecuali bila saat membutuhkan. Dokter dan semuanya kadang bisa tidak menjadi penting. Bahkan Rp. 10.000,- bisa sangat berarti bagi yang membutuhkan. Dalam 13 tahun (sejak 1999) perjalanan dan berdirinya OBI melayani Indonesia, kami tahu haus, lapar dan kebutuhan mobil tim medis yang mendesak. Telah 1,9 juta juta masyarakat terbantu dan 17.000 pasien operasi terbantu. Kami sangat bangga bermitra dengan FIF, terutama karena FIF merupakan mitra yang punya hati.Tidak banyak perusahaan yang peduli seperti FIF. That's life is all about. Senang membantu orang lain."

 

Sambutan dari Ibu Non Rawung OBI

Seremonial dilanjutkan dengan penyerahan kunci secara simbolis dari Presiden Direktur FIF Suhartono yang didampingi oleh Direktur Business Support & IT, Thaufik Noograha kepada Ketua OBI yang dilanjutkan dengan pelepasan mobil sosial di Ground Floor Menara FIF.

 

Simbolis penyerahan bantuan mobil

Sebelum melakukan pelepasan mobil sosial OBI ini, terlebih dahulu Bapak Suhartono, Bapak Thaufik Noograha beserta Ibu Non Rawung melihat kelengkapan, fasilitas, serta kelebihan apa saja yang dimiliki mobil sosial OBI ini. Tampak Sub Dept. Head Corporate ESR Doni Prajudi menjelaskan kelebihan yang dimiliki oleh mobil sosial OBI agar dalam penggunaan nya dalam membantu operasional OBI dapat dirasakan sangat tepat.

Pengecekan fasilitas mobil

Berikutnya pelepasan mobil sosial OBI dilepas secara simbolis oleh Bapak Thaufik Noograha, disaksikan oleh management FIF, OBI, dan perwakilan peserta donor. Dengan dilepasnya mobil sosial tersebut, maka mobil sosial bernomor polisi B 7012 UA yang bertuliskan TIM MEDIS FIF dan Obor Berkat Indonesia sudah resmi digunakan untuk membantu operasional pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Yayasan OBI (Obor Berkat Indonesia)

 

Pelepasan mobil Tim Medis

Selain seremonial mobil sosial, pada kegiatan Donor Darah rutin kali ini juga diramaikan oleh service HP (Hand Phone) gratis yang bekerjasama dengan Yayasan Lazis Amaliah Astra. Yayasan ini yang menyediakan tenaga-tenaga terampil teknisi HP dari para pemuda putus sekolah yang dibantu oleh Yayasan Lazis Amaliah Astra ini. Service HP dengan One Day Service (service yang diselesaikan pada hari yang sama) ini melayani service kerusakan baik dari sisi Hardware dan Software yang berhasil memperbaiki 13 HP yang dimiliki oleh karyawan. 

 

Service HP gratis

Kembali ke kegiatan Donor Darah, sampai dengan jam 10.45 masih banyak calon pendonor baik dari karyawan FIF maupun para undangan yang masih berantusias untuk mendaftar. Para calon pendonor sambil menunggu giliran pemeriksaan disediakan fasilitas karaoke di ruang tamu Corp.ESR dan snack pagi gratis yang mungkin bisa menstabilkan tekanan darahnya. Pada kegiatan Donor Darah kali ini, target dari pendonor adalah 150 orang. Sampai dengan pendaftaran Donor Darah yang di tutup pada jam 11.45 tercatat ada 155 orang calon pendonor yang mendaftar untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini.

Dari data yang kami terima dari PMI dari 155 orang yang mendaftar sebagai calon pendonor, tercatat 116 orang yang donor darah berhasil, dan ada 39 orang calon pendonor yang ditolak karena dalam pemeriksaan kesehatan yang tidak memenuhi syarat sebagai pendonor.

Dengan pencapaian angka tersebut kami berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga tercapainya kegiatan Donor Darah ini, bagi para pendonor yang sudah berpartisipasi juga kami ucapkan banyak terima kasih. Karena dengan rasa kepedulian kita terhadap sesama dalam mendonorkan setetes darah yang didonorkan, akan sangat berarti bagi mereka yang membutuhkannya. Semoga para pendonor dapat kembali berpartisipasi dalam kegiatan donor darah berikutnya.

 






Video Kegiatan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards

2013                     2012
2011                     2010
Share