. SATU Indonesia | AHM Bangun Pembangkit Listrik Mikro Hidro
Saatnya membangun kembali semangat
kebangsaan dan persatuan kita demi
kemajuan Indonesia
AHM Bangun Pembangkit Listrik Mikro Hidro

05
Mar
2012

 Sukabumi--PT Astra Honda Motor (AHM) membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 6400 watt untuk masyarakat adat Banten Kidul kasepuhan Ciptagelar di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat.

Pembangunan PLTMH ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial atau corporate social responsibilty (CSR) perusahaan di bidang pemberdayaan masyarakat. Sekitar 63 rumah di kampung Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat akan menikmati aliran listrik yang dibangun AHM bekerja sama dengan Yayasan Institut Bisnis Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) ini.

Peresmian fasilitas PLTMH ini berlangsung pada Sabtu, 25 Februari di Kampung Sukamulya, Desa Sirna Resmi, Kabupaten Sukabumi. Hadir dalam acara ini antara lain jajaran manajemen AHM yang diwakili oleh General Affair Division Head AHM I Putu Astawa U, pengurus Yayasan IBEKA dan juga Kepala Adat Kasepuhan Ciptagelar Abah Ugi. Proses pembangunan PLTMH ini membutuhkan waktu sekitar 3 bulan sejak peletakan batu pertama proyek ini pada bulan Desember 2011.
 
Head of Corporate Communication AHM Kristanto menyatakan melalui pembangunan PLTMH ini, perusahaan berharap dapat mendorong masyarakat di sekitar lokasi pembangkit listrik agar dapat melakukan aktivitas produktif guna meningkatkan kesejahteraan ekonominya.
 
"Kami berharap masyarakat lokal dapat memberdayakan diri menuju kehidupan yang lebih baik. Jika selama ini mereka terhambat oleh pasokan listrik, dengan beroperasinya PLTMH ini, masalah keterbatasan pasokan listrik dapat teratasi," ujarnya.
 
Pembangunan PLTMH ini dilakukan dengan memanfaatkan aliran sungai Cibarengkok, AHM membangun saluran air 420 meter dan pipa pesat sepanjang 87 meter yang bermuara pada sebuah rumah turbin. Di lokasi ini, ditempatkan sebuah generator yang nantinya akan menghasilkan listrik dan akan disalurkan ke rumah-rumah penduduk.
 
Pembangunan PLTMH di Cisolok Sukabumi ini merupakan proyek percontohan bagi program CSR AHM di bidang pemberdayaan masyarakat. Dengan didampingi AHM dan Yayasan IBEKA, secara partisipatif masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar akan terlibat dalam pemeliharaan fasilitas PLTMH ini. AHM juga mendidik dan mendampingi wakil masyarakat sebagai pemelihara dan operator PLTMH, sehingga fasilitas ini dapat dijalankan secara mandiri.
 
Di sisi lain pembangunan PLTMH ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian tentang perlunya pemeliharaan hutan sebagai area tangkapan air, karena air merupakan sumber PLTMH yang selalu harus terjaga ketersediaan dan debitnya. Dengan demikian, diharapkan secara kolektif masyarakat akan menjaga kelestarian hutan.
 
“Salah satu pilar CSR AHM adalah pemberdayaan masyarakat. Kami ingin PLTMH Sukabumi ini dapat diimplementasikan di tempat lain agar masyarakat lebih produktif dan mandiri dalam usahanya meraih kesejahteraan,”ungkapnya.






Video Kegiatan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards

2013                     2012
2011                     2010
Share