. SATU Indonesia | Program Beasiswa Prestasi Politeknik Manufaktur Astra
Saatnya membangun kembali semangat
kebangsaan dan persatuan kita demi
kemajuan Indonesia
Program Beasiswa Prestasi Politeknik Manufaktur Astra

02
Mar
2012

JAKARTA:  Senin 20 Februari 2012, sebagai bagian dari program Satu Indonesia, Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) membuka peluang bagi siswa-siswa SMA/SMK/sederajat terbaik dari semua jurusan di seluruh Indonesia yang akan lulus pada Mei 2012 nanti untuk berkompetisi mendapatkan Beasiswa Prestasi. Program yang dilaksanakan tahun ini merupakan program tahun keempat sejak pertama kali diluncurkan pada 28 Oktober  2008, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan untuk siswa-siswa terbaik di Indonesia belajar pada 7 program studi maupun konsentrasi  di Polman Astra yaitu Pembuatan Peralatan dan Perkakas Produksi (P4), Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPM), Mekatronika (MK), Teknik Pengolahan dan Hasil Perkebunan (TPHP), Manajemen Informatika (MI), Teknik Otomotif (TO) dan Teknik Alat Berat (TAB), dengan strata pendidikan Diploma 3 (D3).

Di awal program, jumlah beasiswa yang disediakan sejumlah 25% dari kapasitas yang ada kemudian meningkat menjadi 35% dari kapasitas atau 86 kursi sampai dengan tahun ini. Tahun ini seleksi beasiswa diikuti oleh siswa-siwa terbaik wakil dari 21 propinsi berlangsung cukup ketat dan terjadi peningkatan signifikan pada jumlah pendaftar yang mengajukan aplikasinya menjadi 2.850 aplikan dari 1.097 aplikan atau naik 159,80% dari tahun sebelumnya. Beasisiwa yang diberikan dalam program ini adalah pembebasan biaya sumbangan pendidikan dan uang kuliah serta pemberian uang saku bulanan untuk program Beasiswa Penuh.
 
Dari seluruh aplikasi yang masuk tersebut dilakukan seleksi administratif pada tahap awal untuk selanjutnya mengikuti tahapan seleksi  berikutnya berupa psikotes, wawancara sampai dengan tes kesehatan di tahap seleksi terakhir. Seleksi tahap kedua berupa psikotes, tahun ini selain di Jakarta juga dilaksanakan serentak di kota Pematang Siantar, Pandan, Padang, Prabumulih, Pemalang, Purworejo, Solo, Pati, Surabaya, Jombang, Kediri, Malang dan Jember. Mulai tahun ini, untuk program TAB, Polman Astra bekerja sama dengan PT. United Tractors, Tbk. (UT), sedangkan pada program TO bekerja sama dengan PT. Astra International, Tbk. – Toyota Sales Operation (Auto2000) dan PT. Astra International, Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
 
Selain beasiswa prestasi yang diberikan mulai tahun pertama, Polman Astra juga memberikan beasiswa prestasi bagi 3 mahasiswa terbaik pada setiap program saat kenaikan ke tingkat 2 dan tingkat 3. Sebagai gambaran, saat ini dari 684 orang yang tercatat sebagai mahasiswa Polman Astra merupakan wakil dari dari 26 propinsi dari 33 propinsi di Indonesia, dengan mayoritas berasal dari Jabodetabek dan Banten. Sejak meluluskan pertama tahun pertama di tahun 1998, Polman Astra telah meluluskan 1.854 wisudawan, dan saat ini setiap tahunnya sekitar 50% lulusan diserap pada industri di grup Astra, sedangkan 35% diserap di value chain Astra maupun industri lainnya serta sisanya melanjutkan studi dan wirausaha.






Video Kegiatan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards

2013                     2012
2011                     2010
Share