. SATU Indonesia | Program CSR: Astra Honda Motor Peduli Pendidikan Hingga Lingkungan
Saatnya membangun kembali semangat
kebangsaan dan persatuan kita demi
kemajuan Indonesia
Program CSR: Astra Honda Motor Peduli Pendidikan Hingga Lingkungan

18
Jan
2012

Masalah keselamatan berkendara dan etika berlalu lintas menjadi tema penting yang diangkat PT Astra Honda Motor (AHM) dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). Salah satu yang menjadi keprihatinan AHM, bahwa tingginya angka kecelakaan lalu lintas umumnya disebabkan karena tidak diperhatikannya dua faktor tersebut.

 
Berangkat dari permasalahan tersebut, program CSR yang dilaksanakan AHM dalam tema pendidikan tahun ini mengkampanyekan masalah keselamatan berkendara dan etika berlalu lintas di SMP, SMA dan SMK. Sebagai pemimpin pasar sepeda motor di Tanah Air, AHM berharap etika berlalu lintas dapat masuk dalam kurikulum pengajaran di tingkat sekolah menengah lanjutan dan atas.
 
Dalam program ini,  AHM bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kepolisian di 9 provinsi antara lain DI Yogyakarta, Sumatera Barat, Lampung, Sulawesi Selatan, Bali, dan Sulawesi Tenggara. Target dari kampanye ini adalah mensosialisasikan Kurikulum Etika Berlalu Lintas kepada para guru sekolah.
 
Bagi AHM, tema pendidikan merupakan salah satu aksi sosial dari sejumlah program CSR  yang dilaksanakan tahun ini. Selain pendidikan, CSR AHM juga menyasar program pemberdayaan masyarakat, kesehatan, hingga lingkungan berskala nasional.
 
Executive Vice President Director  AHM , Johannes Loman menyatakan keselamatan berkendara merupakan salah satu perhatian utama perusahaan. Hal ini menurut dia,  diimplementasikan dengan mengajarkan etika berlalu lintas kepada para siswa melalui kurikulum terintegrasi pada setiap mata pelajaran di sejumlah provinsi.
 
“Sosialisasi Kurikulum Etika Berlalu Lintas ini kami harapkan menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas, budaya disiplin dan sopan santun sejak usia dini di kalangan generasi penerus bangsa ini,” ujarnya.
 
Dalam  pengembangan pendidikan keterampilan di bidang otomotif, AHM juga menyumbang 195 unit sepeda motor untuk beberapa SMK, perguruan tinggi dan Balai Lapangan Kerja (BLK). Pada tahun ini AHM juga mulai mengembangkan proyek percontohan laboratorium Honda  sekaligus pengembangan kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda di 7 SMK di Pinrang Sulewesi Selatan, Banjarbaru Kalimantan Selatan, Kuningan Jawa Barat, Payakumbuh dan Bukit Tinggi Sumatera Barat, Bekasi, dan Tangerang.
 
Masih di bidang pendidikan, AHM juga menyerahkan bantuan 472 unit bantuan komputer  ke berbagai sekolah dan lembaga pendidikan di seluruh Indonesia.  “Kami berharap AHM dapat berkontribusi meningkatkan kualitas anak didik melalui, bahan ajar dan sarana praktik, khususnya di sekolah kejuruan agar siswanya lebih siap masuk dunia kerja.” 
 
Pemberdayaan masyarakat
Di bidang pemberdayaan masyarakat, AHM  tidak lagi berorientasi pada CSR bersifat charity tetapi lebih kepada program strategis untuk kesejahteraan masyarakat. AHM melaksanakan program IGA (Income Generating Activies) atau program peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Program ini diimplemetasikan dalam bentuk pemberian modal kerja untuk budi daya ikan lele kepada Karang Taruna Desa Danau Indah, Cikarang Barat dan pelatihan keterampilan pembuatan “handy-craft” cinderamata untuk kelompok PKK di Cakung Barat, Jakarta Timur.
 
Lalu di bidang kesehatan, sejalan dengan Millennium Development Goal, di mana kesehatan Ibu dan anak menjadi prioritas, AHM juga melakukan pembinaan Posyandu di bawah area Puskesmas Cikarang Barat. Program ini disebut dengan KIAS (Kampanye Ibu & Anak Sehat). Setidaknya 18 Posyandu di lingkungan Desa Danau Indah, Cikarang Barat, mendapatkan bantuan peralatan pendukung operasional serta bantuan program PMT (Pemberian Makan Tambahan).
 
Kemudian di bidang lingkungan, tanggung jawab sosial perusahaan diimplementasikan dengan melakukan beragam aktivitas berorientasi penghijauan dengan menanam 36.500 pohon antara lain 1.200 pohon di Padang, 6.000 pohon di Gunung Kidul, Yogyakarta, 9.000 pohon di Bantaran Sungai Ciliwung, dan 12.000 pohon di Jateng. Selain itu, melalui Main Dealernya, AHM telah mendistribusikan 43.600 bibit pohon untuk ditanam di berbagai wilayah di Indonesia.
 
“Program peduli lingkungan ini sejalan dengan kampanye program PGM-FI di mana sebagai pioneer teknologi injeksi kami berkomitmen untuk terus memproduksi sepeda motor ramah lingkungan dan hemat bahan bakar,” tegas Loman.
 






Video Kegiatan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards

2013                     2012
2011                     2010
Share