. SATU Indonesia | Menyambut Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2010 Walikota Jakarta Utara resmikan Taman Astra
Saatnya membangun kembali semangat
kebangsaan dan persatuan kita demi
kemajuan Indonesia
Menyambut Hari Lingkungan Hidup 5 Juni 2010 Walikota Jakarta Utara resmikan Taman Astra

08
May
2010

Pada hari ini, Rabu 9 Juni 2010 Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono bersama Chief Corporate Security, Environment & Social Responsibility (CSESR) PT Astra International Tbk ("Astra") Arief Istanto meresmikan penggunaan Taman Astra yang terletak di sudut perempatan Jl. Yos Sudarso dengan Jl . Perintis Kemerdekaan di wilayah Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sesuai dengan salah satu Visi Astra yaitu "Menjadi perusahaan yang ramah lingkungan (environmentally friendly) dan peduli terhadap masalah sosial (socially friendly), Taman Astra dibangun secara bersama oleh perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Grup Astra, yaitu :

  1. PT Astra Honda Motor (AHM) beserta Yayasan Astra Honda Motor
  2. PT Astra Daihatsu Motor (ADM)
  3. PT Toyota Astra Motor (TAM)
  4. PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)
  5. PT Serasi Autoraya (TRAC)
  6. PT Federal International Finance (FIF)
  7. PT GS Battery

Area Taman Astra tersebut dipilih sesuai arahan Walikota Jakarta Utara yang memandang bahwa lokasi tersebut merupakan pintu gerbang memasuki wilayah Jakarta Utara baik dari arah Jakarta Timur maupun Jakarta Pusat.

Taman Astra seluas kurang lebih 4.000 m2 ini ditanami lebih dari 10 jenis pohon dan juga lebih dari 10 jenis tanaman semak serta dilengkapi dengan jogging track dan area refleksi.

Taman ini dapat difungsikan sebagai ruang publik bagi masyarakat sekitar karena memang didesain sebagai sarana bersosialisasi bagi masyarakat sekitar. Seiring dengan pesatnya pembangunan fisik serta padatnya arus lalu lintas di ibukota, keberadaan ruang terbuka hijau semakin menjadi kebutuhan bagi masyarakat Jakarta guna membantu mengurangi pemanasan global melalui penurunan tingkat polusi udara kota. Selain itu Taman Astra ini diharapkan dapat menambah keindahan kota dalam mendukung program Adipura.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara sejak tahun 2006 hingga 2010 selalu memperoleh penghargaan Adipura dari Pemerintah Pusat. Keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan warga dan unsur masyarakat di Jakarta Utara.

"Kami berharap kepada seluruh pemangku kepentingan, khususnya masyarakat Kecamatan Kelapa Gading agar dapat turut menjaga, memelihara dan bahkan meningkatkan kualitas dari Taman Astra ini, sehingga taman ini dapat terus dinikmati oleh masyarakat" ujar Arief Istanto.

Pembangunan Taman Astra ini merupakan rangkaian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Grup Astra yang dikemas dalam wadah "SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia" khususnya yang berkaitan dengan kebersihan, kesehatan dan keindahan lingkungan.

Salah satu agenda kegiatan lingkungan yang pernah dilaksanakan oleh Grup Astra adalah "Go Green with Astra" dimana 132.213 pohon ditanam oleh seluruh karyawan Grup Astra di seluruh Indonesia. Selain itu juga telah dilakukan program penanaman pohon mangrove, program penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS), serta ikut serta mendukung program Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dalam penanaman pohon di sepanjang rel kereta api stasiun Tanjung Priok.

Berbagai program di bidang lingkungan dilakukan Grup Astra mengacu kepada pendekatan Triple Bottom Line, yakni menyeimbangkan antara pertumbuhan ekonomi (profit), lingkungan (planet) dan sosial (people). Setiap perusahaan dituntut untuk menyeimbangkan ketiga unsur ini.

" Intinya, di mana perusahaan atau cabang Astra ada, harus memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan lingkungannya. Konsep ini sesuai dengan motto Astra, yaitu Sejahtera Bersama Bangsa," tambah Arief Istanto.






Video Kegiatan Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards

2013                     2012
2011                     2010
Share