ARTIKEL TERBARU


Pameran YDBA pada rangkaian acara HUT ke-60 Astra di Surabaya
YDBA Bekerja Sepenuh Hati Menuju UMKM Indonesia Mandiri
2017-09-04

Tidak demi terima kasih, tidak demi segala demi
Meski hanya sekali, izinkan memberi
Hanya demi memberi, melulu demi berbagi


-          Henry C. Widjaja (Kepala Yayasan Dharma Bhakti Astra)

 

Penggalan Puisi Bapak Henry C.Widjaja pada talkshow kewirausahaan dalam rangkaian acara #Astra60Surabaya menambah hidup suasana talkshow saat itu. Berjalan begitu menarik dan penuh antusiasme, peserta yang berjumlah sebanyak 500 orang, terdiri dari komunitas pengusaha (mitra bisnis Astra), komunitas start-up Surabaya, komunitas binaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), serta 25 finalis Astra Start-up Challenge Batch 1 (2016), hari itu memadati talkshow dalam Festival Kewirausahaan bertema “Building A Smart Sustainable Start-up”. Pak Henry C. Widjaja tidak berbagi ilmu sendiri, melainkan ditemani oleh dua pembicara kondang lainnya, yaitu Achmad Zaky (CEO Bukalapak) dan Dissa Syakina (CEO Finger Talk Caffe untu difabel). 

 

Mengambil tema Astra untuk Indonesia Kreatif pada rangkaian #Astra60Surabaya tanggal 21-23 Juli ini bertujuan dapat menghidupkan jiwa wirausaha serta meningkatkan rasio wirausaha hingga mencapai target pemerintah Indonesia sebesar 4%. Saat ini, rasio wirausaha Indonesia sebesar 3,1 %, berada di atas minimal persentase rasio kewirausahaan sebuah negara (2%). Rasio kewirausahaan sebesar 3,1%  memiliki arti sebanyak 7,8 juta wirausahawan nonpertanian dari total penduduk Indonesia sebanyak 252 juta. Tidak hanya itu, talkshow ini juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan wirausaha yang ada di Indonesia, khususnya di Kota Pahlawan, Surabaya.

 

Untuk mewujudkan target pencapaian 4% rasio wirausaha Indonesia, salah satu Yayasan Grup Astra yaitu, Yayasan Dharma Bhakti Astra bekerja dalam mendorong pengembangan UMKM melalui beragam kegiatan. YDBA fokus dalam pembinaan UMKM yang tersebar di Indonesia. YDBA ini merupakan perwujudan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa yang digagas oleh pendiri Astra Bapak William Soeryadjaya. Sepanjang 37 tahun perjalanannya, YDBA telah membina sekitar 9.828 UMKM dan menciptakan 63.205 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya. Hebatnya lagi, YDBA juga telah melatih sebanyak 701 pemuda yang putus sekolah.

 

YDBA mengemban misi pembinaan dan pengembangan UMKM di tanah air sekaligus memperkuat value chain usaha Astra melalui program pemberdayaan income generating activities untuk masyarakat yang berada di sekitar operasional Astra. YDBA memberikan beragram program pembinaan, mulai dari bidang teknologi, manajemen, fasilitas pembiayaan, akses pasar hingga teknologi informasi dengan memaksimalkan sinergi pada jaringan value chain Astra secara terintegrasi.

 

YDBA berdasarkan pada operating values CARE, yang terdiri dari Compassionate, Adaptive, Responsible, and Excellent, untuk memfasilitasi UMKM binaan baik yang masuk dalam value chainbisnis Astra ataupun yang tidak. Pelatihan dan pendampingan yang diberikan YDBA sesuai dengan kebutuhan masing-masing UMKM, khususnya agar UMKM bisa mencapai kemandirian.

YDBA bersama Grup Astra mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) dalam melakukan pembinaan pada UMKM yang sampai saat ini jumlah LPB telah berjumlah 16. Keenambelas LPB tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia, meliputi Jakarta, Mataram, Kutai Barat, Sidoarjo, Palembang, Kapuas Tengah, Tapin, Yogyakarta, Tegal, Paser, Pontianak, Muara Enim, dan Jawa Tengah. Tidak hanya mendirikan LPB, dalam membantu UMKM dan masyarakat di daerah untuk mendapatkan akses pembiayaan, YDBA mendirikan Koperasi atau Lembaga Keuangan Mikro. Saat ini, YDBA telah mendirikan 10 LKM yang tersebar di Kalimantan dan Sulawesi. 

 

Beruntungnya saat itu saya bisa berbincang-bincang langsung dengan pemilik salah satu UMKM Binaan YDBA yang berasal dari Jember. Pak Dodi, pemilik usaha bengkel yang telah bergabung menjadi binaan YDBA sejak tahun 2015. Pak Dodi bercerita banyak mengenai usaha bisnis bengkel beliau yang telah banyak berkembang semenjak menjadi binaan YDBA. Oiya, usaha bengkel Pak Dodi berada di bawah binaan LPB Waru, Sidoarjo.

 

“Banyak sekali yang saya dapatkan sejak menjadi binaan YDBA. Saya senang sekali bisa mendapatkan pembinaan langsung dari YDBA. Bisa mengikuti pelatihan-pelatihan unik untuk meningkatkan skill dalam hal teknisi, marketing, dan tentunya manajemen bisnis”, cerita Pak Dodi panjang lebar.

 

UMKM yang ingin menjadi mitra atau binaan YDBA bisa mendaftar langsung dengan mengisi formulir yang terdapat pada website resmi YDBA atau melalui LPB milik Astra yang terdapat di daerah masing-masing. Salah satu syarat menjadi mitra binaan YDBA adalah memiliki kemauan kuat untuk berkembang dan menjadi mandiri. Usaha atau bisnis yang baru berkembang dan belum berbentuk badan usaha sekalipun diperbolehkan untuk mendaftar asalkan mau mengikuti training dan menerapkannya pada usaha yang dijalankan. YDBA sangat membantu dalam memperluas akses pemasaran seperti mengajak UMKM binaan untuk menjadi pemasok ke berbagai perusahaan Grup Astra serta mengikutsertakan UMKM ke berbagai pameran dalam negeri maupun luar negeri.

 

Pada rangkaian acara HUT ke-60 Astra di Surabaya ini juga diberikan penganugerahan terhadap lebih dari 300 UMKM binaan YDBA yang telah naik kelas. Program UMKM Naik Kelas ini diharapkan bisa membuat UMKM binaan YDBA bisa secara mandiri berkembang, mulai dari kualitas produk serta jasa yang diberikan, dan juga bisa berkelanjutan (awet). YDBA pun memiliki program Digital Ecosystems, Unboxing Future! untuk memproyeksikan semua program-program YDBA yang saat ini telah berkembang secara offline menjadi online melalui fitur blog, news, video edukasi, dan e-catalog. Fitur YDBA online untuk blog, news, dan video edukasi dapat dilihat lebih lanjut di www.hebatnyaukm.orgsedangkan untuk fitur e-catalog menjadi satu di www.ydba.astra.co.id

 

YDBA merupakan bentuk komitmen Astra untuk ingin selalu berperan aktif dalam membangun bangsa seperti yang tercantum dalam butir pertama Catur Dharma Astra, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara. YDBA bekerja sepenuh hati untuk mengembangkan UMKM Indonesia menuju kemandirian. UKM Indonesia, Hebat! #HebatnyaUKM #HebatnyaYDBA


Artikel Terkait
Astra Kunjungi Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2012
Menurut Pipit, satu dari 9.000 anggota Perpustakaan Anak Bangsa, dirinya suka membaca buku di Perpus...
Baca Selengkapnya
Partisipasi Grup Astra bersama TNI
BANDUNG : PT Astra International Tbk pada hari ini (2/4) kembali ikut berpartisipasi dalam program T...
Baca Selengkapnya
Pencarian Pemuda-pemudi Penggerak Kemajuan Bangsa, dimulai!
JAKARTA: Pencarian pemuda-pemudi penggerak kemajuan bangsa melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SAT...
Baca Selengkapnya
Emil Salim: Pemuda Merauke Harus Mampu Menciptakan Perubahan
MERAUKE: Pemuda Merauke harus mampu jadi agen perubahan Indonesia yang dimulai dari kampong halamann...
Baca Selengkapnya
IKUTI KAMI
Pastikan Anda selalu terhubung dengan media
sosial kami. #SATUIndonesia