ARTIKEL TERBARU

Program Kampung Berseri Astra
2017-07-31

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program corporate social responsibility (CSR) Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program CSR, yaitu, Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Melalui program KBA ini, masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA.

Dalam penerapan KBA, terdapat tahapan pencapaian status yang menjadi panduan dalam pengembangan program KBA. Tahapan pencapaian status tersebut menyesuaikan dengan proyeksi kampung binaan Astra sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Adapun status tersebut terdiri dari bintang 1 hingga 5, yaitu, Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kencana.

Manfaat Berkelanjutan

Program KBA memiliki manfaat yang berbeda untuk setiap stakeholder yang terlibat. KBA membawa dampak positif kepada masyarakat berupa manfaat berganda dari program pembinaan dan pemberdayaan yang diimplementasikan. Dengan diterapkannya program KBA, diharapkan secara kolektif masyarakat dapat mengambil tindakan inisiatif perubahan untuk mengubah kualitas kehidupan masyarakat, baik dari tingkat pendidikan berupa meningkatnya kesadaran untuk bersekolah, tingkat kesehatan berupa perilaku untuk hidup lebih sehat, kesadaran menjaga lingkungan agar bersih dan hijau, serta peningkatan standard kesejahteraan.

Bagi pemerintah, program KBA  dapat mendukung peningkatan kualitas hidup manusia yang nantinya berujung kepada semakin baiknya level Indeks Pembangunan Manusia, tidak hanya di KBA, tetapi juga di wilayah sekitarnya. Hal ini disebabkan program KBA yang terdiri dari Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan menekankan kepada pengimbasan kebermanfaatan dan keberlanjutan program.

Perusahaan dapat menerapkan CSR, salah satunya dengan program KBA, sehingga nantinya dari program-program yang dilakukan tidak hanya memberi manfaat bagi masyarakat penerima program, namun juga memberikan manfaat kepada perusahaan dalam bentuk hubungan sosial yang baik.

Penentuan dan Pemilihan KBA

Dalam menentukan dan memilih calon KBA, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, antara lain:

  1. Koordinasi perusahaan Grup Astra
  2. Pembentukan tim KBA
  3. Koordinasi dengan pemerintah daerah
  4. Social mapping
  5. Penentuan lokasi KBA
  6. Penyusunan rencana program
  7. Komitmen bersama dan kick-off program KBA

Koordinasi perusahaan bertujuan untuk menyamakan pemahaman mengenai program KBA yang nantinya akan dijalankan. Selain itu, koordinasi juga diperlukan untuk membentuk Tim KBa di perusahaan.

Tim KBA terdiri dari perwakilan perusahaan yang nantinya menjadi PIC di tiap-tiap pilar CSR Astra yang akan diimplementasikan di KBA. Tim KBA ini nantinya dapat dipimpin oleh satu koordinator.

Koordinasi dengan pemerintah daerah juga dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai rencana pelaksanaan program KBA kepada pemerintah sehingga dapat selaras dengan program yang pemerintah canangkan. Selain itu, koordinasi dengan pemerintah setempat diperlukan guna mencari tahu wilayah potensial yang dapat dijadikan calon KBA.

Untuk mengetahui kondisi awal calon KBA, maka dilakukan social mapping, sehingga didapatkan gambaran mengenai kebutuhan masyarakat, potensi masyarakat dan wilayah yang dapat dikembangkan, serta yang tidak kalah penting adalah untuk menemukan local champion yang nantinya menjadi mitra dalam pelaksanaan dan pengembangan KBA.

Setelah diperoleh data mengenai calon-calon KBA, cara yang dilakukan selanjutnya adalah membandingkan mana kampung yang mendapat nilai tertinggi sebagai calon wilayah KBA terpilih.

Rencana program tahunan disusun berdasarkan hasil social mapping yang telah dilakukan dan juga kebutuhan masyarakat. Selain itu, penyusunan rencana program juga menyesuaikan dengan potensi wilayah dan juga target-target KBA yang telah ditetapkan. Setidaknya, gambaran mengenai penyusunan rencana program harus mencakup 5 poin, yakni: Tujuan KBA, detail rencana program, proyeksi waktu pelaksanaan, penanggungjawab per program, dan rincian sumber daya dan pendanaan yang dibutuhkan.

Komitmen bersama antarperwakilan perusahaan dan masyarakat KBA dapat dilakukan seiring dengan kick-off tanda dimulainya program dalam bentuk aksi sosial.


Artikel Terkait
Telaga Kemuning, Kesejukan ditengah Tandusnya Tanah Gunungki
Saya baru pertama kali mendengar bahwa ada sebuah telaga atau danau di kabupaten Gunungkidul. Danau ...
Baca Selengkapnya
Wajah Merekah Telaga Kemuning Kini
Sinar mentari yang hangat serta merdu kicau burung menyambut kedatangan kami di Desa Kemuning, Gunun...
Baca Selengkapnya
Rumah Pintar Astra, Sahabat Kita
Senyum lebar terpancar di wajah anak-anak Kampung Giri Rejo, Karang Joang Balikpapan, yang saya kunj...
Baca Selengkapnya
Program Kampung Berseri Astra
...
Baca Selengkapnya
IKUTI KAMI
Pastikan Anda selalu terhubung dengan media
sosial kami. #SATUIndonesia